Asal Usul Nama Agus Yudhoyono Jadi Calon Gubernur DKI



Sangat mengejutkan, koalisi PD, PPP, PKB dan PAN mengusung duet Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni jadi pasangan cagub DKI. Kisah munculnya nama putra pertama Ketum PD Susilo Bambang Yudhoyono jadi cagub DKI itu sangat menarik.

"Jadi ceritanya sebenarnya agak panjang. Empat hari lalu itu kan ada sedikit mungkin boleh dibilang pembicaraan di koalisi kekeluargaan yang pasca ditinggal PDIP kan tinggal enam partai. Zaman koalisinya masih tujuh sudah sepakat mendukung Mas Sandiaga Uno untuk DKI 1 atau DKI 2 kan Mas Sandi legowo mau DK1 atau DKI 2. Tiba-tiba empat hari lalu ada usulan PKS mengusulkan Sandiaga-Mardani. Nah ini kemudian membuat perubahan konstelasi," kata Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Roy Suryo, dalam perbincangan dengan detikcom, Jumat (23/9/2016).

Karena konstelasi semakin dinamis kemudian pimpinan parpol di tingkat DPP mulai mengambil alih. Dimulai dari Ketum PAN Zulkifli Hasan kemudian Ketum PPP Romahurmuziy, kemudian Ketum PKB Muhaimin Iskandar.

"Mereka ingin ngobrol dengan Pak SBY di Cikeas," katanya.

Sebelum berdiskusi dengan SBY, ketiga orang itu sudah punya konsep mengajukan nama netral yang akan dikonsultasikan dengan SBY. Ada pengusaha, ada mantan pejabat, sudah senior dan sudah mapan.

"Ternyata ada usulan dari tiga sahabat untuk sesuatu yang baru, segar, kekinian dan cocok untuk masyarakat DKI Jakarta. Muncul nama Mas Agus Harimurti Yudhoyono. Pak SBY kaget, kita juga kaget. Jadi saya saksi hidupnya, nama itu bukan dari keluarga Pak SBY," kata Roy Suryo.

"Kemudian oke kalau begitu begini kasih waktu untuk keluarga berembuk dulu. Jadi tiga hari lalu Mas Agus ditelepon. Mas Agus masih di Darwin Australia ditelepon. Kemudian diskusi internal keluarga ada Bu Ani, Mas Ibas, ada saya di situ. Kira-kira jawabannya tergantung Mas Agus kalau Mas Agus oke saya bawa syarat-syaratnya kalau tidak kita kembalikan ke pewacananya. Itu kenapa di Cikeas mundur karena menunggu dulu," imbuh Roy.

Agus Yudhoyono pun baru mendarat di Jakarta pukul 23.00 WIB Kamis (22/9) malam. Agus langsung ditanting (ditawarkan), ditanya,karena memang sudah oke semua syarat terpenuhi, baru pukul 01.00 WIB pagi (Jumat (23/9)) diumumkan mengusulkan. Cawagubnya belum, ada beberapa nama rata-rata birokrat. Setelah berbagai pertimbangan muncul Prof Sylviana Murni memang sudah ada tim shadow untuk bergerak menghubungi jadi begitu oke langsung dijemput dan datang. Singkat kata terpilih lah Agus Harimurti dan Sylviana Murni," terang Roy.

"Kenapa Mas Agus dan Mbak Sylvi tidak kita munculkan jam 03.00 WIB pagi, karena masih menunggu pengunduran diri. Hari ini sudah clear. Kadispen TNI AD sudah menyampaikan Mas Agus proses pengunduran diri dan tidak dalam ikatan dinas. Termasuk Bu Sylvi juga sudah meminta izin Pak Basuki Tjahaja Purnama diizinkan tinggal administrasi saja. Insya Allah sore ini akan mendaftar ke KPUD," pungkas mantan Menpora ini.

Sumber: Detik.com
Asal Usul Nama Agus Yudhoyono Jadi Calon Gubernur DKI Asal Usul Nama Agus Yudhoyono Jadi Calon Gubernur DKI Reviewed by Blog Admin on 14.39 Rating: 5