Pidato Kapten AHY di The International Conference on Futurology 2011 (Video dari KBRI DC)

Pidato Kapten Agus Yudhoyono di Konferensi Internasional tentang Futurologi (Ilmu Kemasadepanan) di Amerika Serikat, tanggal 28 Juli 2011. Sangat membanggakan bagi Indonesia. Captain Agus Harimurti Yudhoyono remarks at The International Conference on Futurology on July 28, 2011.


Menurut Wikipedia, futurologi adalah ilmu yang mempelajari tentang masa depan, antara lain mempelajari segala prognosa ilmiah tentang situasi dan kondisi masa mendatang di segala bidang, berdasarkan perkembangan situasi masa kini. Dalam pengertian modern, futorologi ini merupakan usaha untuk mengekstrapolarisasi fakta-fakta yang telah terjadi dan juga perkembangan masa kini dengan pandangan ilmiah yang ketat. Istilah itu baru berkembang di Amerika Serikat dalam masa 10 tahun terakhir dan sekarang ini mulai menjalar ke Eropa.

Sumber lain menjelaskan bahwa futurologi lebih mirip sebagai gerakan daripada ilmu sosial. Gerakan futurologi berkembang pesat di Eropa dan sekarang sudah menyebar di seluruh dunia. Futurologi ini memberikan perhatian yang semakin serius pada aspek-aspek ilmiah sehingga karya-karya mereka pun semakin menyakinkan sebagai karya ilmiah yang terkenal. Contohnya adalah karya Michael Young yang berjudul The Rise of Meritocracy dan beberapa karya ilmiah lainnya yang mirip dengan lapran-laporan ilmiah yang rumusnya dikerjakan dengan bantuan komputer seperti dokumen Uni Eropa Europe 2000, dan dokumen tentang prediksi ekonomi pada masa mendatang dari Club Roma yang berjudul The Limits to Growth (1972).
Pidato Kapten AHY di The International Conference on Futurology 2011 (Video dari KBRI DC) Pidato Kapten AHY di The International Conference on Futurology 2011 (Video dari KBRI DC) Reviewed by Blog Admin on 23.13 Rating: 5